SUARA INDONESIA YOGYAKARTA

Terapi Ortho K di VIO Optical Clinic Berhasil Atasi Mata Minus Bocah 10 Tahun

Lukman Hadi - 07 March 2024 | 19:03 - Dibaca 2.63k kali
Kesehatan Terapi Ortho K di VIO Optical Clinic Berhasil Atasi Mata Minus Bocah 10 Tahun
Proses bocah 10 tahun, Paundra saat Terapi Ortho K di VIO Optical Clinic untuk mengatasi mata minus. (Foto: Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA - Seorang ibu, Erma Apriyani (37 tahun) membagikan kisah saat mengetahui anak bungsunya mengalami mata minus di usia baru 10 tahun. Fakta didapatkan setelah melakukan pemeriksaan mata di optik.

Erma mengaku sering mendapat keluhan dari guru anaknya di sekolah mengenai kendala dalam belajar. Paundra harus maju ke depan karena tidak bisa melihat jelas guru yang sedang menerangkan di depan kelas, tulisan tangan yang kurang rapi dan mengalami penurunan nilai mata pelajaran.

Mengetahui hal itu, Erma dengan cepat membawa anaknya periksa mata, hasilnya membuat ia kaget karena Paundra mengalami minus 6.

Paundra yang aktif dalam seni bela diri karate, juga mengalami kesulitan saat melakukan aktivitas di luar sekolah, hal ini juga dibenarkan oleh guru karate-nya. Yang mana Paundra kerap kali kesulitan mengantisipasi gerakan lawan, kurangnya gerakan keseimbangan dan kordinasi, beberapa kali cedera dan sering terlihat memicingkan mata.

"Kaget banget dan rasanya campur aduk ya. Si Paundra bisa mengalami mata minus setinggi itu saat pertama kali periksa mata, yaitu -6.00. Jadi waktu itu saya kasih kacamata aja. Lalu, setahun kemudian, ukurannya naik lagi jadi -7.00, ya makin pusing saya," ungkap Erma, Kamis (07/03/2024)

Atas rekomendasi dari Guru Karatenya, Erma Apriyani mengunjungi VIO Optical Clinic yang melayani Terapi Ortho K, salah satu metode Myopia Control Management yang bisa menghambat laju pertumbuhan mata minus bahkan menurunkannya hingga bebas kacamata.

"Tapi untungnya saat itu langsung buru-buru ke VIO pakai Terapi Ortho K, atas rekomendasi dari Guru Karatenya Paundra. Katanya ada anak muridnya yang berhasil pakai itu," ujar Ema.

Nah, perlu diketahui apa itu Terapi Ortho K? Yakni terapi pembentukan usulaan kornea mata yang bertujuan untuk menghambat dan menurunkan pertumbuhan miopi atau mata minus tanpa proses pembedahan atau operasi. Metodenya menggunakan lensa kontak berbahan Rigid Gas.

"Awalnya sih agak ragu ya, kok bisa lensa kontak yang dipakai tidur ini bisa bikin mata minus jadi turun. Tapi, ya namanya kita sebagai orang tua, ingin yang terbaik untuk anaknya agar penglihatannya jadi kembali jelas, sekolah dan olahraganya gak terganggu, jadi kita percayakan sama VIO," jelas Erma mengucap haru saat menemani Paundra kontrol terapi di VIO Optical Clinic.

Permeable (RGP) yang digunakan pasien saat tidur minimal 8 jam per hari. Lensa kontak Ortho K
dijamin aman dan sudah teruji klinis serta menjadi rekomendasi ahli kesehatan mata di beberapa negara-negara maju terutama bagi pasien-pasien bermata minus atau silinder yang usianya 6 hingga 18 tahun.

"Alhamdulillah, baru 4 hari pemakaian Ortho K, Paundra merasa penglihatannya lebih jelas dan udah gak perlu bantuan kacamata. Oleh sebab itu, saya bersyukur sekali ya dapat rekomendasi Terapi Ortho K ini di VIO. Saya benar-benar gak tahu apa jadinya anak saya sekarang kalau gak diterapi," beber dia.

Sementara VIO Optical Clinic, Pioneer Terapi Ortho K di Indonesia VIO Optical Clinic, sebagai pioneer Terapi Ortho-K di Indonesia, memiliki komitmen untuk menyediakan solusi kesehatan mata terdepan dengan teknologi inovatif.

Founder VIO Optical, Andri Agus Syah ialah praktisi Ortho K yang tersertifikasi secara internasional dan bergelar Fellow of the American Academy of Optometry (FAAO), yang menunjukkan tingkat keahlian dan dedikasi yang tinggi dalam menangani pasien yang ingin melakukan Terapi Ortho K.

Keahlian itu tidak hanya memastikan penerapan teknologi Ortho-K dengan aman dan efektif, tetapi juga menjamin pasien mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

"VIO itu sangat concern sama kesehatan mata masyarakat Indonesia karena visi kami adalah untuk membawakan inovasi terbaik agar mereka bisa melihat lebih jelas. Jadi, semua layanan, alat pemeriksaan mata yang ada di VIO, hingga Eyecare professional-nya itu benar-benar sudah tersertifikasi dan memiliki kemampuan yang oke dalam menangani kesehatan mata pasien,” ucap Andri Agus Syah.

VIO Optical Clinic berdiri sejak 2013 silam, di bawah naungan Optometry Doctor lulusan Cebu Doctor University Phillipine berpengalaman yang tersertifikasi dari Fellow American Academy of Optometry (FAAO) dan memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) berskala global Internasional.

Optometry Doctor VIO Optical Clinic bersinergi dengan Dokter Spesialis Mata yang siap membantu untuk menangani permasalahan mata pasien. Pelayanan Vision Therapy di VIO Optical Clinic didukung dengan peralatan pemeriksaan yang up to date dan lengkap yang sekaligus berfungsi untuk mendeteksi penyakit yang membahayakan kesehatan mata, serta ditangani oleh Eyecare Professional terlatih.

"Tingginya kepedulian VIO Optical Clinic terhadap kesehatan mata masyarakat Indonesia menjadikan kami terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan agar bisa mewujudkan visi kami untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penglihatan yang lebih baik," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya